Kamis, 21 Oktober 2010

Instal XP lewat USB Flash

Anda pasti merasa bingung apabila Anda disuruh untuk menginstall Windows XP pada laptop atau Komputer seseorang, tapi laptop dan komputernya ngga’ punya media CD-ROM. Nah pada blog kali samabon akan berbagi pengalaman, tentang bagaimana menginstall Windows XP lewat USB Flashdisk. Pelajari selengkapnya:
Pertama Anda membutuhkan utility usb_prep8 yang bisa Anda download di sini . Utility usb_pre8 ini kegunaannya untuk menjadikan USB Flashdisk sebagai Bootable disk, sedangkan File PeToUSB kegunaannya untuk format disk (format flashdisk terlebih dahulu ). Nah, untuk membuat bootable windows, caranya sebagai berikut:
  1. Jika Anda baru saja mendownload usb_pre8 dan PeToUSB tapi masih dalam format .rar, terlebih dahulu ekstrak ke dua file tersebut. Setelah kedua file tersebut terekstrak, usb_prep8 dan PeToUSB jadikan menjadi satu folder bersama-sama.
  2. Silahkan masukkan flashdisk Anda ke salah satu port usb ( posisi drivenya tergantung pada Komputer Anda, E, F, G atau H ).
  3. Masukkan juga CD install Windows XP Anda ke dalam optical drive ( jika CD install Windows Anda merespon menjalankan proses instalasi, maka batalkan saja ).
  4. Selanjutnya buka program usb_prep8 yang telah Anda ekstrak dan Anda jadikan satu folder bersama PeToUSB.
  5. Didalam folder usb_prep8, jalankan file yang bernama “usb_prep8.bat”, dilayar akan muncul gambar command prompt seperti di bawah ini:   

“Press any key to continue” kemudian tekan sembarang tombol untuk melanjutkan proses. Pasti di layar akan muncul jendela seperti di bawah ini:

Anda ngga’ perlu mengubah setting apapun, cukup klik start untuk memulai format. 
Jika sudah selesai terformat, tutup saja jendela PeToUSB tetapi jangan menutup jendela command prompt yang tadi muncul ketika menjalankan file usb_prep8.bat. Maka dilayar akan muncul 5 opsi seperti gambar di bawah ini:


    Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang akan disalin ke flashdisk Anda. Tentukan di drive mana ada CD Windows XP didalamnya. Kemudian Klik OK.
Gunakan opsi 3 untuk menentukan lokasi dimana Anda menancapkan flashdisk. Jika berada di drive F maka ketik F kemudian tekan Enter, jika G Anda ketik G dan begitu seterusnya .
Terakhir gunakan opsi 4 untuk memulai proses penyalinan. Tunggu dan jawab konfirmasi apapun dengan memilih yes “Y” atau OK.
Tunggu sampai proses pembuatan bootable windows XP selesai. Flashdisk Anda telah siap, tinggal Anda mengatur system BIOS pada computer Anda dengan memilih Removeable Disk atau nama yang lainnya tergantung flashdisk Anda sebagi media pertama yang akan dijalankan saat booting.

Selamat Mencoba

0 komentar:

Recent Comments

Feedzilla


RSS news feeds and News widgets