Kamis, 21 Oktober 2010

Cara mudah mencari ebook


Kebanyakan di sekolah guru menerangkan kemudian siswanya mendengarkan, ini adalah cara proses belajar mengajar yang baik di sekolah. Saling menghargailah istilahnya ().  Setelah pelajaran selesai, mungkin Anda berfikir, gimana ya caranya cari referensi untuk mata pelajaran yang telah didengarkan dan dilihat tadi. Mungkin Anda tidak terlalu cepat paham dengan pelajaran itu, mungkin ingin Anda cari lewat internet ( selacar di dunia maya ) sebagai referensi.
Nah, pada blog kali ini, kami akan saling bertukar pengalaman, tentang gimana sih mencari referensi mata pelajaran atau referensi tugas yang diberikan oleh guru tanpa menjelajahi sekian banyak halaman website yang menyediakan file yang Anda cari. Mungkin Anda akan merasa bosan dan capek, apa lagi tugas yang diberikan dikumpulnya besok, kan gawat. Kami sarankan file yang akan dicari adalah format .pdf (Portable Document Format) alias Ebook (Electronic Book). Selain PDF, format popular seperti CHM (Computer History Museum) juga dapat dikategorikan sebagai EBook. Sebagai contoh, Anda akan mencari file tentang tutorial CorelDraw X3.pdf, lakukan langkah berikut :
Gunakan Search Engine (Google)
Sama halnya ketika Anda mencari sebuah file MP3 atau Video. Google juga dapat digunakan untuk mencari file-file ebook. Anda hanya perlu beberapa keyword yang tepat untuk mendapatkan ebook yang Anda inginkan. Keyword untuk mencari ebook yang sering digunakan adalah, seperti ini:
Intitle:index.of? File extension Nama Ebook
Keyword di atas adalah kata kunci dasar untuk melakukan pencarian file pada google. Untuk mempersempit hasil pencarian, Anda dapat menggunakan bagian File Extension dan Nama Ebook sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya :
1.  Kita Akan mencari ebook dengan format PDF (CorelDraw X3.pdf), kita hanya perlu mengganti bagian File Extension. Seperti ini : intitle:index.of? PDF CorelDraw X3
2.  Apabila Anda menginginkan hasil pencarian yang lebih luas, dapat memasukkan keyword seperti ini pada google:
+ (“index of”) + (“/ebooks” | “/book”)
+ (chm|pdf|zip|rar) + CorelDraw X3
Atau seperti ini:
Allinurl: + (rar|chm|zip|pdf|tgz) + CorelDraw X3

Jika keyword tersebut dibaca, artinya kurang lebih seperti ini:
“Carilah ebook berjudul CorelDraw X3 dengan format PDF dan CHM, yang juga tersimpan di dalam file kompresi seperti RAR, ZIP, atau TGZ”.

0 komentar:

Recent Comments

Feedzilla


RSS news feeds and News widgets